Menjaga bugarnya tubuh lewat poundfit

 

Bersama teman-teman poundbeat sidoarjo

Dari bulan Januari kemarin saya aktif nyari kegiatan olahraga yang kiranya membangkitkan semangat dan ngga bikin nyerah di awal buat kaum gampang nyerah kaya saya ini. Ya maklum aja, saya sendiri paling kenceng olahraga jalan pagi. Itu juga durasinya 20 menit aja. Olahraga angkat berat mirip nge-gym gitu mana pernah :)) udah keder duluan liat. Lagi kebanyakan gym itu mayoritas cowok isinya, jarang yang khusus perempuan. Buat saya masih kurang bebas dan lepas olahraga di lingkungan seperti itu. 

Lucky me ketemu nih yang namanya poundfit lewat timeline tiktok. Penasaran liatnya, itu apa yang dipegang sama orang-orang? Stick ijo panjang mirip stick drum ya, tapi kok dipake olahraga? Mana lagi pesertanya rata-rata cewek semua. Kepo saya pun berlanjut liatin video berhestek setema sampai akhirnya memutuskan untuk ikut kelas poundfit secara langsung dengan cari info di instagram. 


Kenalan sama poundfit yuk!


Jadi poundfit ini (mengutip dari situs klikdokter.com) adalah jenis olahraga yang fokusnya menggabugkan kardio, yoga, pilates serta latihan conditioning dan kekuatan. Olahraga ini pertama kali diciptakan oleh Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom, mantan pemain drum di California. Terjawab sudah ya kenapa perlu sticknya mirip stick drum hehehe:))

Nah untuk ripstix-nya ini wajib teh kudu pakai yang asli ya di kegiatannya. Harganya sendiri lumayan bikin kaget mata, di atas 500 ribu rupiah. Buat yang pertama ikut ngga usah khawatir perlu keluar modal beratus ribu karena sepengalaman saya ikutan poundfit, biaya pendaftaran sudah termasuk dengan biaya sewa ripstix. Udah ready dipake untuk pound. Tinggal kasih kartu identitas diri a.k.a KTP ke petugas dan voila, ripstix sudah kamu terima di tangan. 


Rasanya gimana ikutan poundfit?


Pegel pasti, tubuh sehat itu pilihan. 

Semua olahraga sama aja tujuannya yakni jaga badan biar tetep sehat dan bugar. Keliatan kok bedanya kita males gerak dan rajin gerak. Ada entengnya pas dipake aktifitas sana sini, ngga kaya pas pasif rebahan. Selama saya ikut ini, saya ngerasa pas dengan apa yang saya cari. Gerakannya sangat menguras energi, catat ya sangat menguras, ngga ada tuh dikendorin selama sejam selain dikasih waktu sekitar lima menit per abis satu sesi untuk minum. Poundfit durasinya sekitar satu jam. Nah itu dibagi ke empat sesi. Per sesi durasinya lima belas menit. Ada yang berdiri, duduk, tiduran dan setengah badan. 

Ada banget bawaannya nyerah mau pulang, mau rebahan di bawah kipas yang kenceng saking lengan dan kaki rasanya udah kaku sakit :") tapi ya itulah respon tubuh yang jarang diajak lemesin otot. Banyak ngeluhnya. Saya sampai minggu kemarin pun pas ikutan deru nafasnya mirip orang lagi lahiran di bidan. Hahaha. Malu ngga kaya gitu? Ini olahraganya ramean cewek. Jadi saya merasa divalidasi lelahnya liat bulir keringat dan ngos-ngosannya nafas peserta di sebelah kanan kiri saya. Seolah bilang, ya sama aja ini capeknya. You're not alone dalam progress menyehatkan sekaligus mengecilkan badan. 


Bawa apa aja buat persiapan poundfit?


Biasanya bawa empat ini gengs. 


1. Niat

Iya niatkan kamu ikut poundfit demi jiwa raga yang lebih bugar dan sehat. Karena kegiatan ini bakalan mengobrak abrik stamina kamu terutama buat yang mulai. Saya dulu ngabisin minum setengah botol untuk lima belas menit pertama saking terkurasnya tenaga. Lengan diayun, kaki di ayun, semua diayun sekuat tenaga! Tanpa adanya niat kamu bakalan kena 5L (lemah, lunglai, lesu, letih, lalai)


2. Botol air minum beserta isinya

Iyalah kalo botol doang mah bahaya :)) apalagi yang bawa tumblr. Plis pastiin meski warnanya gelap jangan sampe nyaru ke isinya. Karena tumblr milik saya semisal ga ditelaah ga bakal keliatan isinya ada atau engga. Kalau kalian tipe yang minumnya banyak siapin dua botol minimal. Hausnya ga boong, kerasa jelas dan kering di tenggorokan. Buat saya yang dikit-dikit hobinya minum ini kerasa sih. Sesuaikan dengan kebutuhan juga. Ga usah gengsi bawa botol gede yang ukurannya 2L. Self love ya! Jangan sampe kehausan eh akhirnya dehidrasi. 


3. Celana olahraga

Gerak poundfit ini kan jenisnya bermacam-macam ya, maka dari itu perlu memakai celana yang punya elastisitas tinggi biar aman dan ga gampang robek waktu dipakai latihan. Saya ada rekomendasi beli ini dari shopee. Harganya 50 ribuan, enak dipake mau gaya apa aja aman asal disesuaikan dengan TB-BB ya mentemen. Ukurannya tersedia dari yang M sampai XL. Sila baca deskripsi yah untuk detail lengkapnya (Celana training)


4. Yoga mat 

Jujur saya kalo lagi bawa ini dan keluar masuk keramaian berasa agak keren dikit deh, kaya si paling olahraga kesannya padahal aslinya ngos-ngosan hampir pingsan pas sesi ikutan pound :)) Yoga mat ini sifatnya sejauh yang saya tahu gunanya yang pertama untuk menjaga tubuh kita nanti kalo bebaringan biar aman dan menghindari cedera. Kedua untuk menjaga ripstix kamu aman tidak patah pas dipukul-pukul ke bawah. Mantul gitu ke atas kena mat. Saya beli yoga mat ini online ya. Harganya start dari 80.000 buat size 10 mm free bag! (Yoga mat

Pun semisal kamu ga kuat ya untuk sejajarin gerakan dengan poundpro bisa kok mukulnya setengah badan aja. Ngga perlu nunduk gitu (tips yang saya pelajari dari poundpro di poundfit class) 


Selanjutnya untuk info mengikuti kelas poundpro bisa kamu cari di instagram @poundbonex dan @poundbeatsidoarjo ya! Saya rekomendasiin dua ini karena domisili saya di sini ya gengs.  Selamat berolahraga selamat berkeringat!



Komentar

Postingan Populer